F

TIPS MENDAPATKAN PEMBAKARAN LEMAK SECARA OPTIMAL

Assalamualaikum....

 اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Pada kesempatan ini, saya  ingin berkongsi berkenaan pembakaran lemak secara optimal. Bukan mudah nak dapatkan situasi di mana kita bersenam dan dalam masa yang sama lemak terbakar secara optimal.   Kita tahu bahwa untuk mendapatkan tubuh yang ideal, kita harus bersenam. Ada yang kata “Saya sudah bersenam, namun tidak ada hasil yang signifikan”. Oleh itu kita harus mempelajari bagaimana hendak mendapatkan pembakaran lemak dan cari mana-mana kesalahan yang kita lakukan ketika bersenam.

Berikut beberapa perkara asas yang harus kita ketahui untuk membantu program fat loss kita :

1.Keringat bukanlah lemak

Banyak orang yang masih menganggap jika kita berkeringat banyak, maka berat badan akan turun. Jika hal demikian memang benar, mengapa kita tidak duduk  saja didalam kereta tanpa menyalakan penghawa dingin? Sebenarnya yang keluar dari tubuh kita adalah keringat yang kandungannya berupa air, garam, dan beberapa zat-zat lainnya. Sehingga hal ini tidak mempengaruhi pembakaran lemak dalam tubuh kita.

2.Memilih antara Berjalan dan Berlari pada saat berolahraga/bersenam

Contoh mudah  di mana anda sudah bermain bola dengan kadar tinggi setiap hari. Namun masih saja tidak berhasil mendapatkan proses pembakaran lemak yang optimal ? Hal ini disebabkan karena saat bermain bola/berolahraga ,hal yang lebih banyak dilakukan adalah berlari. Pada saat kita berlari yang terbakar adalah gula darah, bukan lemak. Jadi jika anda masih beranggapan dengan terus berlari anda akan membakar lemak, itu sangatlah tidak efektif. Berjalan cepat membakar lemak jauh lebih optimal dibandingkan berlari. Terutama bila anda melakukannya setelah bangun tidur, dan perut yang kosong di isi dengan 2 gelas air putih atau segelas black coffee. Berjalanlah lebih dari 45 menit, kerana pada 30 minit pertama tubuh harus membakar gula darah yang tersisa, setelah itu baru boleh membakar lemak secara efektif. Untuk pembakaran lemak yang paling efektif selain jalan pagi, adalah digalakkan mengamalkan kaedah HIIT (High Intensity-Interval Training) dan EHIIT(Elevated High Intensity Interval Training) . Inmerupakan kaedah pembakaran lemak yang di perkenalkan oleh Denny Santoso. SILA BACA DI SINI!

Di mana dalam proses ini anda akan mengkombinasikan jalan cepat dan lari. Hal ini akan memicu jantung kita berdetak lebih cepat, dan proses metabolisme yang meningkat sehingga pembakaran kalori terjadi secara optimal. Dalam proses HIIT dan EHIIT yang anda target bukan lah angka pembakaran pada mesin treadmill. Namun yang ditargetkan disini adalah proses “afterburn”. Yaitu meningkatnya Basal Metabolism Rate anda sehingga proses pembakaran lemak masih berjalan di atas rata-rata meskipun anda sudah berhenti olahraga untuk beberapa jam.

3. Hindari lemak jahat

Tentu kita sering nih makan gorengan ? nah sebenarnya yang membuat kita gemuk bukan lah karena minyak – minyak dari gorengan tersebut secara langsung menjadi lemak didalam tubuh kita.Namun proses yang sebenarnya terjadi adalah lemak jahat yang dikandung oleh gorengan – gorengan dan makanan-makanan tidak sehat lainnya, akan menghambat proses metabolisme didalam tubuh kita.Sehingga rata-rata pembakaran kalori didalam tubuh kita secara bertahap akan menurun.Dan hal ini akan menyebabkan kalori yang tidak terproses akan menjadi lemak.Cara lain untuk memblok lemak jahat selain dengan cara menghindarinya, adalah dengan menkonsumsi teh hijau.Teh hijau berfungsi untuk memblok lemak jahat yang masuk kedalam tubuh kita.Sehinga proses metabolisme tidak terhambat oleh lemak jahat.Tapi ingat, teh hijau ini bukan teh hijau botolan yang sudah dikemas ya  .Anda boleh memilih teh hijau yang ada di supermarket dalam bentuk teh celup ataupun daun teh.

4. Angkat beban

Dalam poin ini saya akan memberi analogi yang sederhana

“Semakin besar mesin sebuah kendaraan, maka semakin banyak bahan bakar yang diperlukan”

Hal yang sama berlaku pada tubuh kita. Otot adalah mesin, dan lemak adalah bahan bakar. Jika kita memiliki mesin yang kecil dan memiliki banyak bahan bakar, maka bila masa bahan bakar baru akan dihabiskan? Ketika kita melakukan olahraga/bersenam – olahraga angkat beban, maka otot yang lama akan rusak dan membentuk otot baru. Disini kita memiliki banyak keuntungan iaitu :

-Proses pembentukan otot baru memerlukan kalori, ertinya disini terjadi pembakaran lemak;

-Otot baru yang lebih besar dari otot sebelumnya memerlukan kalori yang lebih besar juga, disini lemak juga dibakar lebih banyak.

-Mengencangkan tubuh kita, jadi tak ada istilah “tubuh bergelambir setelah kehilangan lemak”

Untuk yang wanita, jangan takut untuk angkat beban. Hormon Testosteron yang lelaki miliki kadarnya 10x ganda lebih banyak daripada yang wanita miliki, sehingga badan lelaki cenderung “sado” .Hal ini tidak akan terjadi ke wanita, kecuali anda memang bertujuan untuk melakukan body build dan melakukan angkat beban dengan intensiti super tinggi.

5.Lakukan kebiasaan – kebiasaan yang sihat

Untuk poin ini, lebih cenderung kepada individu itu sendiri yang mana lebih selesa dengan diri sendiri. Contoh-contoh kebiasaan yang dapat dilakukan dalam proses fat loss ini.

-Minum 2 gelas air putih setelah bangun tidur, lalu consumed black coffee 30 minit;

-Tidak menggunakan lift, dan memilih berjalan menaiki tangga;

-Kurangi nasi sekitar 3/8 porsi, dan digantikan dengan sayuran, daging ayam, ataupun buah;

-Cari tahu makanan favorite anda yang merupakan makanan sihat. Kalau saya sendiri suka makan telur, jadinya ketika saya lapar, saya akan membuat omelet, ataupun telur rebus dan dikonsumsi tanpa nasi.

-Makan 3x main meal dan 3x healthy snack time dalam sehari

Healthy snack adalah susu hi protein, kacang almond, buah-buahan, yoghurt 0% fat, sayur – sayuran. Sehingga tubuh kita tetap terisi dan proses metabolisme tidak menurun. Anda boleh mengambil healthy snack 2 jam setelah main meal;

-Berhenti berpikir makan 1x sehari = cara diet yang baik;

Semasa kita makan 1x sehari,tubuh tidak menerima signal bahwa kita mau diet.Yang diterima oleh tubuh kita adalah signal SOS, kita dianggap terdampar di tengah hutan tanpa makanan. Sehingga tubuh akan mengaktifkan “power saving mode”. Dan hal ini akan memperlambat proses metabolisme yang menyebabkan pembakaran lemak tidak optimal.

6.Buat tubuh anda “shock”

Terkadang pembakaran lemak didalam tubuh kita menurun secara bertahap. Hal ini disebabkan oleh aktiviti kita sehari-hari sudah beradaptasi didalam tubuh kita. Jadi kita harus memberikan cabaran baru ke dalam tubuh kita. Contohnya : biasanya kita hanya mampu berlari dengan kecepatan 12km/h dalam 2 minit .Cabarlah tubuh anda dengan berlari secepat 14km/h untuk lebih dari 2 minit. Dengan begitu tubuh anda harus membiasakan diri dengan kebiasaan baru. Dan dalam proses ini rata-rata pembakaran lemak akan terus meningkat.

Semoga tips-tips di atas dapat membantu anda dan saya sendiri pun masih meneruskan akitiviti ini untuk kesihatan saya secara peribadi, cuma kadang-kadang tersasar juga.

stay healthy !
0 Responses

Sahabat2ku.......